PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI SISTEM GUGUS DI SMA NEGERI 1 CEPIRING SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Endang Widarti

Sari


Guru merupakan tenaga pendidik yang bertugas mencerdaskan bangsa dalam semua aspek. Berdasarkan Permennegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Penelitian Tindakan Kelas atau PTK merupakan salah satu kemampuan guru dalam melakukan perbaikan kualitas pembelajaran dan praktik pembelajaran. Kurangnya pemahaman guru di SMA Negeri 1 Cepiring dalam menuliskan laporan penelitian tindakan kelas merupakan kendala yang melatar belakangi penulis dalam menulis laporan penelitian tindakan sekolah ini. Salah satu solusi dalam masalah ini penulis menggunakan metode pembimbingan sistem gugus.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah melalui pembimbingan system gugus bagi guru SMA Negeri 1 Cepiring semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 dapat meningkatkan kemampuan pengembangan profesi guru dalam penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari dua siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan yang meliputi kegiatan : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Pada siklus Idiperoleh klasifikasi nilai penyusunan PTK yaitu rata-rata nilai tertinggi 2,3, nilai rata-rata terendah 1,3 dengan rata-rata nilai 1,8. Namun demikian rata-rata nilainya belum kategori baik.
Pada Siklus II diperoleh nilai klasifikasi nilai penyusunan PTK yaitu nilai tertinggi 3,0, nilai terendah 2,7 dan nilai rata-rata 2,9, semua proposal yang disusun subjek penelitian dikatagorikan sangat baik karena nilai rata-ratanya diatas 2.Berdasarkan tindakan yang dilakukan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa pembimbingan system gugus dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menulis laporan penelitian tindakan kelas dalam mengembangkan keprofesiannya.
Kata Kunci : Sistem gugus, pengembangan profesi guru, penelitian tindakan kelas.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.