PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI TURUNAN MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TPMI SEMESTER GENAP DI SMK NEGERI 5 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sanaji Sanaji

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika dengan pendekatan kooperatif tutor sebaya berbasis kontektual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TPMI SMK Negeri 5 Kendal semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 peserta didik. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket dan ulangan harian. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik meningkat dari 84,43% manjadi 85,52%. Hasil prestasi belajar meningkat dari rata-rata prestasi belajar 82,94 menjadi 83,14 dan peserta didik yang tuntas atau mencapai KKM dari 88,57% menjadi 100%. Oleh karena itu, guru matematika diharapkan menerapkan pendekatan kooperatif tutor sebaya berbasis kontektual dalam proses pembelajarannya, khususnya materi turunan fungsi.
Kata Kunci : Keaktifan, Prestasi belajar dan Tutor Sebaya


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.