HUBUNGAN REWARD TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI PT. PROPAN RAYA ICC CABANG SOLO

Hesty Nur Aliyah Jamil, Retno Djohar Juliani

Sari


Karyawan merupakan salah satu faktor produksi dalam perusahaan selain modal, bahan baku, keahlian dan mesin- mesin industri, oleh karena itu karyawan mempunyai peran yang sangat penting dalam perusahaan sehingga ikut menentukan kelangsungan hidup perusahaan. Karyawan perlu dimotivasi agar dapat memberikan prestasi kerja yang baik bagi perusahaan. Karyawan yang berprestasi, disiplin, mempunyai dedikasi dalam pekerjaannya serta loyal maka dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya. Karyawan yang berprestasi perlu diberikan reward agar lebih bersemangat dalam bekerja karena reward adalah penghargaan dari perusahaan berupa gaji, tunjangan, bonus dan berbagai faslilitas dari perusahaan kepada karyawan.
Merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan data primer dan data sekunder. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan PT. Propan Raya ICC Sub Cabang Solo. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling/sampel jenuh artinya seluruh populasi menjadi sampel penelitian ini. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, dan tabulating.
Dalam penelitian ini reward diukur dengan indikator tingkat keahlian seseorang di dalam sebuah perusahaan, kualitas karyawan dalam bekerja di perusahaan, kontribusi karyawan terhadap perusahaan dan lama bekerja. Skala yang digunakan untuk mengukur Reward adalah Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup Baik (CB), Tidak Baik (TB) dan Sangat Tidak Baik (STB). Sedang prestasi kerja diukur dengan indikator kedisiplinan, kejujuran, kesetiaan, kerja sama dan tanggung jawab. Skala yang digunakan untuk mengukur Prestasi Kerja adalah Sangat Tinggi (ST), Tinggi (T), Cukup Tinggi (CT), Tidak Tinggi (TT) dan Sangat Tidak Tinggi (STT). Data yang dikumpulkan ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan tabel induk. Analisa data menggunakan analisa tabulasi silang untuk mengetahui hubungan reward terhadap prestasi kerja karyawan.
Kata Kunci : Reward, Prestasi Kerja, Karyawan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.