OPTIMALISASI LAHAN SEMPIT UNTUK PENGELOLAAN PERIKANAN DARAT DENGAN SISTEM BUDIDAYA KOLAM TERPAL DAN APLIKASI HASIL YANG BERORIENTASI PADA MENU B2SA

Rekno Sulandjari

Sari


Kegiatan KKN-PPM yang dilakukan di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak didasarkan pada penduduk usia muda yang masuk dalam kategori penduduk miskin. Metoda yang dilakukan pada program KKN-PPM ini adalah dengan melakukan pelatihan budidaya ternak perikanan darat secara organik disertai pelatihan Kreasi Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) berbahan dasar ikan lele yang sudah divariasi dan inovasi. Teknologi yang digunakan dengan menggunakan Teknologi Pemanfaata Terpal bekas iklan media luar ruang (MMT) yang cukup tebal sehingga daya tahan untuk dipergunakan sebagai kolam pemeliharaan perikanan darat mencapai waktu setahunan. Adapun lembaga/mitra yang diajak kerjasama melalui program KKN-PPM ini selain UKM Desa Karangsari sebagai sentra industri tempat pelatihan perikanan darat dengan mewujudkan pembuatan kolam terpal juga menggandeng CV Mitra Utama.
Pada kegiatan KKN-PPM dilakukan pembuatan 3 buah kolam 3x3 m2 untuk masing-masing lele ukuran 5-7 cm, 15 cm dan indukan. Pada awal kegiatan pelatihan budidaya perikanan darat dengan menggunakan media terpal dibuka oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Budaya Bapedda Litbang Demak, Agung Ardiyanto, S.Sos., M.H. pada tanggal 23 Juli 2017 didampingi pejabat terkait bertempat di Balai Desa Karangsari dengan narasumber dari pihak Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Demak Siti Sunarti, SPi. Disusul narasumber dari akademisi untuk lebih mengenalkan B2SA kepada warga berikut kemanfaatannya secara ekonomis dan pemenuhan kebutuhan gizi bagi keluarga. Hal ini dapat menambah pengetahuan warga mengenai diversifikasi ikan lele yang diolah menjadi makanan berorientasi B2SA seperti: nugget, abon, pastel, stik duri lele dan lain sebagainya. Pelaksanaan Kegiatan Workshop dan Pelatihan Pengolahan Makanan Berorientasi B2SA dan Strategi Pemasaran Melalui Media On-Line pada tanggal 30 Juli 2017 bertempat di balai Desa Karangsari. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan warga mengenai diversifikasi olahan lele yang berorientasi pada menu B2SA serta menambah wawasan warga tentang media online. Hasil olahan B2SA berbahan dasar lele berupa stik duri lele, abon lele, keripik kulit lele, dan nuget lele kesempatan dan Mengikuti Pameran Potensi Unggulan Desa di Bapedda Kabupaten Demak tanggal 2-5 Agustus 2017. Pelaksanaan lomba mengolah lele menjadi makanan berorientasi B2SA yang diikuti oleh warga Desa Karangsari. Lomba diselenggarakan pada hari minggu tanggal 6 Agustus 2017 bertempat di Balai Desa Karangsari dengan 30 varian menu B2SA berbahan dasar lele.
Kata kunci: perikanan darat, lele, terpal, inovasi, B2SA


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.