ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENENTU STRATEGI BERSAING PT. PARAGON TECHNOLOGY AND INNOVATION (WARDAH KOSMETIK)

Eka Indriyani, Cicik Harini, Azis Fathoni

Abstract


Perusahaan memerlukan strategi dalam pengembangan kelangsungan usaha dan menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengembangan dan pemilihan strategi bersaing pada PT. Paragon Technology And Innovation (Wardah). Metode analisisnya adalah SWOT (Strengths Weakness Opportunities and Threats), SAP (Strategic Advantage Profile) dan ETOP (Environmental Threat and Opportunity Profile). Variabel internal terdiri dari label Halal, kualitas produk, harga, promosi dan citra Produk. Variabel eksternalnya terdiri dari keberadaan pesaing dan Produk pesaing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Paragon Technology And Innovation (Wardah) dalam matrik SWOT berada dalam posisi investasi, yaitu posisi perusahaan yang mempunyai alternatif strategi atau strategi pertumbuhan. Hal ini didasarkan dari nilai SAP sebesar 3,1135 berada di posisi kuat, sedangkan nilai ETOP pada EOE sebesar 3,7927 dan ETE 2,943 berada pada usaha spekulatif.
Kata kunci: SWOT, SAP dan ETOP.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.