ANALYSIS OF MARKETING CHANNELS ON THE CONTRIBUTION OF FARMER SHARE OF SWEET POTATO PRODUCTS WITH THE DETERMINATION OF VALUE CHAIN VALUE IN RURAL VILLAGE BERGAS KIDUL KABUPATENSEMARANG

Nur Kholik, Leonardo Budi Hasiholan, Azis Fathoni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui farmer share, margin pemasaran dan saluran pemasaran ubi jalar yang efisien dan menguntungkan di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Metode Penelitian dan pengumpulan data pada penelitian ini adalah survey, observasi dan wawancara. Lokasi penelitian berada di Desa Bergas Kidul. Responden terdiri dari petani dan pengepul ubi jalar.
Jumlah petani sebanyak 223 petani, masing masing Dusun 30 responden yang dipilih melalui metode Accodental Sampling. Jumlah responden Pengepul ubi jalar sebanyak 10 Responden dengan Snowball Sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai farmer share yang diperoleh dari hasil analisis pada pola saluran pemasaran I sebesar 68,21%, pola saluran II 76,66%.
Pada nilai margin pemasaran diperoleh hasil saluran I Rp 1.500,00 saluran II Rp 2.000,00. Serta saluran yang paling efisien yaitu pola saluran II.
Kata Kunci: Ubi jalar, farmer Share, margin pemasaran, saluran pemasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.