PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA PRODUK, DAN KERAGAMAAN PRODUK SPAREPART TOYOTA TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN DENGAN KEPUASAAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Pelanggan PT. New Ratna Motor Semarang )

Adi Mustapa, Patricia Dhiana Paramita, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


PT. NEW RATNA MOTOR SEMARANG mengalami masalah dimana penjualan sparepart Toyota original pada beberapa bulan mengalami penurunan dari target yang diinginkan sehingga berdampak pada minat beli ulang konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empris bahwa pengaruh kualitas produk, harga produk, dan keragamaan produk terhadap minat beli konsuman dengan kepuasaan pelanggan.
Populasi dalam penelian ini adalah seluruh customers PT. NEW RATNA MOTOR JATENG & DIY yang kurang lebih 2500 Customers yang pernah melakukan pembelian spare part Toyota dibengkel resmi nasmoco. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini ditentukan melalui metode purposive sampling yaitu pelanggan yang masih aktif membeli dan pembeliaannya lebih dari 2 kali dengan pembelian enam bulan terakhir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Bertahap dan Path Analysis.
Berdasarkan hasil analisis, maka dapat diketahui bahwa secara parsial variabel kualitas produk, harga produk dan keragamaan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan dan minat beli ulang konsumen spare part di PT. NEW RATNA MOTOR.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.