PENGARUH FREKUENSI PENAYANGAN, DAYA TARIK PESAN DAN WAKTU PENAYANGAN IKLAN MEDIA TELEVISI TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG SMARTPHONE SAMSUNG DENGAN TOP OF MIND SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa FE UNNES Sekaran, Gunungpati)

Dini Irnawati Isnania, Cicik Harini, Djamaludin Malik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Frekuensi Penayangan Iklan,
Daya Tarik Pesan Iklan, dan Waktu Penayangan Iklan Media Televisi Terhadap Minat Pembelian
Ulang Smartphone Samsung Dengan Top Of Mind Sebagai Variabel Intervening.
Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa penelitian ini memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas. Dari persamaan regresi diperoleh hasil: 𝑌
1
= 6,660 + 0,036 𝑋
1
+ 0,487 𝑋
2
+ 0,057 𝑋
3
+
e Untuk variabel Top of Mind. Sedangkan untuk variabel Minat Pembelian Ulang yaitu: 𝑌
2
= 7,722
+ 0,288 + 𝑒. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji T menunjukkan bahwa variabel
Frekuensi Penayangan Iklan, Daya Tarik Pesan Iklan dan Waktu Penayangan Iklan berpengaruh
terhadap Top Of Mind dengan nilai t hitung > t tabel (0,359; 5,339; 0,349 > 1,661). Sedangkan
variabel Top Of Mind berpengaruh terhadap Minat Pembelian Ulang dengan nilai t hitung > t tabel
(8,009 > 1,661). Dari hasil uji F variabel Top Of Mind diperoleh nilai F hitung > F tabel (10,449 >
2,70). Sedangkan hasil uji F variabel Minat Pembelian Ulang diperoleh nilai F hitung > F tabel
(64,137 > 3,94). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Frekuensi Penayangan Iklan, Daya Tarik
Pesan Iklan, Waktu Penayangan Iklan dan Top Of Mind secara bersama-sama berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Minat Pembelian Ulang.
Kata Kunci: Frekuensi Penayangan Iklan, Daya Tarik Pesan Iklan, Waktu Penayangan
Iklan, Top of Mind, Minat Pembelian Ulang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.