DEVELOPMENT OF EMPLOYEE PERFORMANCE APPRAISAL OF HONDA SEMARANG SERVICE CENTER BODY & PAINT DEPARTEMENT WITH BEHAVIORALLY ANCHOR RATING SCALE MODEL

Erik Dian Santoso, Aziz Fathoni, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Behaviorally Anchor Rating Scale ( BARS ) dalam
mendukung strategi peningkatan kualitas SDM di PT. Mandalatama Armada Motor ( Honda Semarang Center ) dan untuk
mengetahui metode Behaviorally Anchor Rating Scale ( BARS ) dalam meningkatkan kualitas SDM dan kinerja di PT.
Mandalatama Armada Motor ( Honda Semarang Center ). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Serta data sekunder yang diperoleh dari beberapa sumber.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT. Mandalatama Armada Motor ( Honda Semarang Center )
di departemen service Body & Paint. Jumlah total populasi yang digunakan dan sesuai dengan persyaratan dalam penelitian ini
berjumlah sebanyak 40 orang . Mulai dari jabatan Service Advisor, foreman dan mekanik body & paint. Sedangkan untuk
pengujian keandalan alat ukur kuesioner, penelitian ini menggunakan metode Cronbach Alpha ( a ) yaitu suatu konstruk atau
variabel dikatakan reliabel jika nilai Cronbach Alpha ( a ) sebesar >0,60. Dalam penelitian ini menggunakan analisis Mix
Methods dan scoring system. Instrumen yang digunakan merupakan konstruksi dari peneliti dengan bentuk skoring antara
angka 0 hingga 10.
Berasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mka dihasilkan bahwa (1) Pelaksanaan Penilaian kinerja karyawan
di PT. Mandalatama Armada Motor ( Honda Semarang Center ) telah diterapkan dengan baik dengan wujud adanya target
karyawan yang jelas. (2) Berdasarkan analisis hasil pengukuran kinerja menggunakan scoring dan traffic light system yang
telah dilakukan kepada 40 Responden yang sudah divalidasi, didapatkan 27 Responden berada di zona hijau yang menandakan
telah sesuai dengan target yang diinginkan oleh perusahaan. Sedangkan 9 Responden KPI berada di zona kuning dan 4
Responden berada pada zona merah yang artinya perlu adanya perbaikan kinerja pada responden tersebut. (3) Berdasarkan
analisis jawaban dari responden didapatkan bahwa di PT. Mandalatama Armada Motor ( Honda Semarang Center ) telah
memenuhi syarat untuk melakukan penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan metode Behaviorally Anchor Rating
Scale ( BARS ) sekitar 67,5% menjawab Sangat Baik, 22,5% menjawab cukup dan 10% menjawab kurang.
Kata Kunci : Penilaian Kinerja Karyawan, Behaviorally Anchor Rating Scale, dan Scoring System


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.