STRATEGI PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN OBAT GENERIK MELALUI ANALISIS SWOT (Studi Kasus Pada PT. Bernofarm Pharmaceutical Semarang)

Pambayun Aji Widagdha, Aziz Fathoni, Djamaludin Malik

Abstract


Situasi perkembangan bisnis yang selalu dinamis dapat menjadikan peningkatan atau
ancaman bagi sebuah perusahaan. Salah satu upaya untuk mengetahui strategi yang
tepat bagi perusahaan adalah melalui analisis SWOT. Terdapat analisa internal
perusahaan yaitu kekuatan (Strenght) dan kelemahan (Weakness). Serta analisa
eksternal yaitu peluang (Opportunity) dan Ancaman `(Weakness). Penelitian in i
bertujuan untuk mengetahui mengetahui posisi perusahaan terhadap lingkungan
internal dan lingkungan eksternal serta strategi yang tepat untuk diterapkan pada PT.
Bernofarm Pharmaceutical. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analsisis SWOT serta menggunakan matrik SAP dan matrik ETOP . Dari tabel
SAP diketahui jumlah total value B x N, yakni sebesar 2.8 maka posisi perusahaan
berada pada posisi favorable (baik/aman). Berdasarkan analisis ETOP Pada hasil
perhitungan menunjukan hasil stroktoral peluang lingkungan 3.38, pada hasil
perhitungan analisis ancaman lingkungan menunjukkan hasil sebesar 2.4 maka pada
matriks ETOP perusahaan berada pada posisi ideal. Maka matrik strategi yang
digunakan adalah invest.
Kata Kunci : Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman, Strategi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.