PENERAPAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DALAM IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PADA ZAZA LAUNDRY SEMARANG

Sutarni Sutarni, Aziz Fathoni, Andi Tri Haryono

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan atas tidak tercapainya target pendapatan pada Zaza Laundry Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kekuatan kelemahan peluang dan ancaman yang dimiliki oleh
Zaza Laundry Semarang dan untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat bagi Zaza Laundry Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini
sebanyak 35 sampel, 5 sampel dari internal perusahaan dan 30 sampel dari eksternal perusahaan. Metode
pengumpulan data menggunakan kuisioner dan metode analisis data menggunakan analisis SWOT dan
Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukan bahwa posisi perusahaan berada
pada kuadran I yaitu kuadran yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif ( Growth Oriented
Strategy). Perumusan strategi yang harus dilakukan oleh Zaza Laundry Semarang adalah meningkatkan
kualitas dan pelayanan, melakukan promosi yang efektif dan tepat sasaran, dan mengembangkan kualitas
Sumber Daya Manusia (SDM). Hasil analisis QSPM yang merupakan strategi prioritas yang dapat dilakukan
oleh Zaza Laundry Semarang adalah strategi mempertahankan peralatan modern yang sudah ada.
Kata kunci : Strategi pemasaran, SWOT dan QSPM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.