STUDI KUALITATIF: PEMBERDAYAAN KARYAWAN DI SEKOLAH MARIA REGINA SEMARANG

Bambang Sutrisno, Azis Fathoni, Djamaludin Malik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif dan negatif pemberdayaan serta pengaruhnya
terhadap kinerja karyawan di Sekolah Maria Regina Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah 14 karyawan Sekolah Maria Regina Semarang.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta membuat telaah dokumen untuk mendapatkan
gambaran mengenai pemberdayaan yang dilakukan di Sekolah Maria Regina Semarang. Data penelitian
dianalisis dengan cara mengklasifikasikan ragam data yang ada, lalu menghubungkannya dengan data dan
informasi yang diperoleh dari literatur, dokumen, wawancara, dan observasi di lokasi penelitian. Hasil penelitian
menunjukan bahwa karyawan merasakan dampak positif dari pemberdayaan karyawan di Sekolah Maria Regina
Semarang, yaitu: 1 Karyawan dapat bekerja maksimal, 2) Karyawan merasa diberi kesempatan oleh pihak
sekolah, 3) Karyawan lebih kreatif dan inovatif, 4) Karyawan merasa tidak ada batasan sosial, serta 5)
Karyawan lebih responsif dan adaptif. Ada pula dampak negatif yang dirasakan karyawan, yaitu: 1) Karyawan
merasa terlalu banyak beban kerja, 2) Timbul ketidakpuasan bekerja, 3) Timbul egoisme atau kecemburuan
sosial, dan 4) Kurang dapat bekerja sama. Sedangkan, pengaruh pemberdayaan terhadap kinerja karyawan
terjadi tidak terlalu signifikan. Kinerja karyawan secara keseluruhan tetap baik bahkan dapat dikatakan tinggi.
Kata Kunci: Pemberdayaan Karyawan, Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.