ANALYSIS OF BUSINESS STRATEGY IN IMPROVING COMPETITIVENESS IN. GLOBAL JET EXPRESS (J&T EKSPRES)

Catur Setyo Nugroho, Azis Fathoni, Djamaludin Malik

Abstract


Saat ini persaingan bisnis semakin ketat dan setiap pelaku usaha dituntut untuk lebih berpikir kritis dan kreatif guna usaha yang di jalani dapat terus bertahan. Pelaku usaha/pebisnis tidak hanya menginginkan usahanya terus bertahan didalam persaingan yang ada tetapi menginginkan usaha/bisnisnya unggul sehingga dapat memperluas pangsa pasarnya. Salah satu cara yang digunakan untuk membuat bisnis menjadi unggul adalah dengan pemilihan dan penerapan strategi yang akurat dan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis sikap konsumen terhadap produk PT. Global Jet Express (J&T Ekspres) Ungaran. Untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal pada PT. Global Jet Express (J&T Ekspres) Ungaran. Untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh PT. Global Jet Express (J&T Ekspres) Ungaran untuk dapat meningkatkan daya saing. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 manajemen PT. Global Jet Express (J&T Ekspres) dan 30 konsumen yang menggunakan layanan pengiriman ekspres dari PT. Global Jet Express (J&T Ekspres). Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan analisis SWOT. Hasil penelitian ini adalah analisis SAP sebesar 4,07 diketahui bahwa perusahaan berada pada posisi persaingan strong. Analisis ETOP yang menganalisa faktor yang dapat menjadi peluang dan ancaman bagi perusahaan diperoleh nilai peluang bagi perusahaan sebesar 4,09 dan ancaman sebesar 3,90. Dari nilai tersebut diketahui posisi perusahaan pada matrik ETOP berada pada posisi speculative bussiness.
Kata Kunci : Strength, Weakness, Opportunity, Threat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.