THE EFFECT OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY IMPLEMENTATION ON PROFITABILITY (Case Study of Cigarette Companies Consolidated on the Indonesia Stock Exhange Period 2013-2017)

Daniel Surya Ardi, Dheasey Amboningtyas, Aziz Fathoni

Abstract


Tanggung jawab sosial atau yang dikenal dengan istilah Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Saat ini CSR mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan stakeholder-nya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan bukti empiris pengaruh CSR terhadap profitabilitasnya (ROA). Sampel dari penelitian ini sebanyak 4 perusahaan rokok yang listing di BEI periode 2013-2017. Data yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan yang dikeluarkan setiap tahun.
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa selama periode 2013-2017 untuk biaya bina lingkungan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikan sebesar 0.312, biaya kemitraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikan sebesar 0.031, biaya kesejahteraan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA dengn nilai signifikan sebesar 0.011. untuk hasil penelitian secara simultan CSR berpengaruh terhadap (ROA). Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa corporate social responsibility berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Untuk penelitian yang akan datang disarankan dapat menambah variabel independen atau menambah proksi profitabilitas.
Kata kunci : Corporate Social Responsibility, profitabilitas, return on asset


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.