ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING CUSTOMER LOYALTY ( Studi pada Minimarket Indomaret Setiabudi 226 Banyumanik, Semarang )

Kristian Kristian, Andi Tri Haryono, Djamaludin Malik

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian untuk meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang berbelanja di Indomaret Setiabudi 226 Banyumanik Semarang, jumlah sampel yang digunakan total sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan regresi linier berganda dengan uji hipotesis jalur secara parsial (Uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Variabel Produk berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan nilai 4,069. (2) Variabel Harga berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan nilai 3,643. (3) Variabel Promosi berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan nilai 3,970. (4) Variabel Keputusan Pembelian berpengaruh terhadap variabel Loyalitas Pelanggan dengan nilai 6,003. (5) Variabel Produk berpengaruh terhadap variabel Loyalitas Pelanggan dengan nilai 2,173. (6) Variabel Harga berpengaruh terhadap variabel Loyalitas Pelanggan dengan nilai 2,056. (7) Variabel Promosi berpengaruh terhadap variabel Loyalitas Pelanggan dengan nilai 2,113. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari koefisien regresi masing masing variabel Produk (x1), Harga (x2), dan Promosi (x3), berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian (y1) dan juga berpengaruh terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (y2). Yang ditandai koefisien masing-masing bertanda positif.
Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian, Loyalitas Pelanggan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.