THE INFLUENCE OF MARKETING MIX ON THE DECISION TO PURCHASE MARTABAK “SETIABUDI” PAK MAN SEMARANG

Leo Hedi Daryanto, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah perusahaan makananyang mengalami pertumbuhan dengan rangking nilai terbawah pada industri makanan tanggal 2 Agustus 2018 dengan nilai pertumbuhan 27,93%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran Martabak Setiabudi “Pak Man” terhadap keputusan pembelian konsumen Martabak Setiabudi “Pak Man”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian berupa studi deskriptif dan studi kausal. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen Martabak Setiabudi “Pak Man” yang membeli produk Martabak Setiabudi “Pak Man” Semarang. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis accidental sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Martabak Setiabudi “Pak Man”. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial terdapat satu variabel bebas yang berpengaruh signifikan, yaitu harga. Sedangkan tiga variabel bebas lainnya yaitu produk, tempat, dan promosi tidak berpengaruh signifikan. Dari hasil perhitungan diketahui bauran pemasaran berkontribusi terhadap keputusan pembelian sebesar 58%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain bauran pemasaran.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran , Keputusan Pembelian, Industri Makanan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.