THE EFFECT OF COMPANY SIZE, COMPANY AGE AND LEVERAGE ON THE EQUIPMENT OF PROFITABILITY AS A VARIABLE MEDIATION

Linda Andritani, Azis Fathoni, Dheasey Amboningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan Dan Leverage Terhadap Perataan Laba Melalui Profitabilitas Sebagaivariabel Intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2013-2017. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode Purposive Sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas skewness-kurtosis, uji asumsi klasik, uji koofisiendeterminasi, uji F dan Uji hipotesis. Hasil pengujian Pada variabel ukuran_perusahaan secara statistik berpengaruh positif signifikan terhadap umur_perusahaan.Pada variabel umur_perusahaan secara statistik berpengaruh positif signifikan terhadap umur_perusahaan.Pada variabel leverage secara statistik berpengaruh tidak signifikan terhadap umur_perusahaan.Pada variabel ukuran_perusahaan secara statistik berpengaruh positif signifikan terhadap perataan_laba.Pada variabel umur_perusahaan secara statistik berpengaruh positif signifikan terhadap perataan_laba.Pada leverage secara statistik berpengaruh tidak signifikan terhadap perataan_laba.Pada variabel profitabilitas secara statistik berpengaruh positif signifikan terhadap perataan_laba.
Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, Profitabilitas Dan Perataan Laba.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.