ANALYSIS OF NON PERFORMING LOAN (NPL), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), AND OPERATIONAL COSTS WITH OPERATIONAL INCOME (BOPO) THAT IMPACT ON PROFITABILITY (CASE STUDY IN PT. BPR IN SEMARANG AREA 2013 - 2017)

Medi Setiawan, Dheasey Amboningtyas, Rista Puput Aryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji dampak pengaruh rasio Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Profitabilitas (ROA).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh PT.BPR konvensional yang ada dikabupaten semarang yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan pada periode tahun 2013-2017,sedangkan jumlah sample yang digunakan sebanyak 14 sample.Sample penelitian diambil menggunakan sistem purposive sampling dengan kriteria perusahaan perbankan yang laporan keuangannya telah dipublikasikan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada periode tahun 2013-2017.Metode yang dipakai pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan uji hipotesis yakni uji t dan uji f, Hasil uji F menunjukkan hasil bersama / bersamaan dari tiga rasio NPL, CAR, dan BOPO yang memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Hasil uji t menunjukkan bahwa CAR tidak mempengaruhi profitabilitas. sedangkan rasio NPL berpengaruh negatif terhadap profitabilitas, dan BOPO memiliki efek positif terhadap profitabilitas.
Kata Kunci : Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR) Dan Biaya Operasional Dengan Pendapatan Operasional (BOPO) , Profitabilitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.