ANALYSIS OF THE EFFECT OF BRAND EQUITY, RODUK QUALITY, PRODUCT DIVERSITY TOWARD PURCHASE DECISION WITH INTEREST CONSUMER BUY AS MEDIATION VARIABLES (Study of Nike Shoe Products at the Semarang Original Sport Center Store)

Muhammad Fathur Riza, Azis Fathoni, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Persaingan berbagai merek sepatu membuat perusahaan ataupun para penjual semakin gencar dalam merancang strategi pemasarannya, sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan minat beli konsumen terhadap produk tersebut. Sepatu merek Nike berhasil menduduki peringkat pertama dalam Top Brand Index 2017 dalam kategori sepatu olahraga. Ekuitas merek, Kualitas Produk, Keragaman Produk dan minat beli menjadi faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian dari konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek, kualitas produk dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian dengan minat beli konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 100 responden sebagai sampel pengguna sepatu Nike di Toko Original Sportcenter Semarang. Pengumpulan data dengan metode kuesioner, wawancara dan observasi. Pengolahan data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian, (2) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keragaman produk terhadap keputusan pembelian, (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan ekuitas merek terhadap minat beli konsumen, (5) tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas produk terhadap minat beli konsumen, (6) tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keragaman produk terhadap minat beli konsumen, (7) terdapat pengaruh yang positif dan signifikaan keputusan pembelian terhadap minat beli konsumen.
Kata Kunci : Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Keragaman Produk, Keputusan Pembelian, Minat Beli Konsumen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.