THE EFFECT OF MACROECONOMIC FACTORS ON PROFITABILITY OF STOCK RETURNS AS INTERVENING VARIABLES (Empirical Study on Indonesia Stock Exchange (IDX) in Food and Beverage Companies for the 2013-2017 Period)

Nurul Afifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor makro ekonomi terhadap return saham dengan profitabilitas sebagai variabel intervening.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor Food and Beverage yang terdaftar di Indonesia Stock Exchange (IDX) dan diperoleh 13 perusahaan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Pengolahan data menggunakan program SPSS 25.
Hasil penelitian yang menggunakan uji t menunjukkan bahwa inflasi, suku bunga, dan kurs terhadap return saham dengan hasil olah datanya t hitung<t tabel yaitu 1,472 < 1,67022, -1,322 < 1,67022, dan 0,206 > 1,67022. ROE secara parsial menunjukkan pengaruh positif dan tidak signifikan dengan nilai sig yaitu 0,321. Hail dari analisis jalur menujukkan inflasi, suku bunga, dan kurs memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap return melalui ROE hasilnya sebesar 0,038, -0,201, dan 0,03. Sedangkan koefisien determinasi menujukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,007 atau 0,7% berpengaruh terhadap return sedangkan sisanya sebesar 99,3% dijelaskan oleh variabel atau faktor lain diluar variabel penelitian. Bagi investor yang ingin melakukan investasi, sebaiknya investor memperhatikan kondisi keuangan perusahaan serta kondisi makro ekonomi. Agar investor lebih mengetahui layak atau tidaknya menanamkan modal pada perusahaan tersebut sehingga tidak mengalami kerugian.
Kata Kunci : Inflasi, Suku Bunga, Kurs, Return Saham, dan ROE


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.