THE EFFECT OF MARKET ORIENTATION AND PRODUCT INNOVATION ON MARKETING PERFORMANCE DIED BY COMPETITIVE ADVANTAGE (Case Study at PT Indrakinarya Mugisantosa Semarang)

Romadliyatun Romadliyatun, Cicik Harini, Djamaludin Malik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi (studi kasus pada PT. Indrakinarya Mugisantosa Semarang) secara parsial dan simultan, serta untuk menganalisis danmenguji keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi apakah mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah orientasi pasar dan inovassi produk, sementara kinerja pemasaran sebagai variabel dependen dan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Hasil pengujian menunjukan bahwa orientasi pasar dan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran secara parsial, sedangkan inovasi produk tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.Hasil uji F diperoleh bahwa secara bersama – sama variabel orientasi pasar, inovasi produk dan keungggulan bersaingberpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Kata Kunci: Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, KinerjaPemasaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.