THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND INTEREST RATE ON CUSTOMER LOYALTY WITH CREDIT LOAN INTEREST AS A MEDIATION VARIABLE (Studi Kasus Pada KTA Sistem Payroll CIMB Niaga Gayamsari)

Wahid Hasyim, Azis Fathoni, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Membeli bunga atau bunga pinjaman adalah dorongan bagi seseorang atau kelompok untuk membeli sesuatu sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Sedangkan loyalitas pelanggan adalah pembelian kembali merek yang konsisten oleh pelanggan. Faktor-faktor yang menentukan bunga kredit dan loyalitas pelanggan dalam penelitian ini adalah dua variabel: kualitas layanan dan tingkat suku bunga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan tingkat bunga terhadap pinjaman dan tingkat bunga di CIMB Niaga Gayamsari Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Gayamsari pelanggan CIMB Niaga. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 100 responden. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, pengumpulan data dengan kuesioner dan metode analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis menggunakan SPSS versi 20 yang menyatakan bahwa: dalam menguji validitas semua variabel dinyatakan tidak valid, hasil yang diperoleh bunga kredit dan loyalitas memiliki t> t tabel (1,660) dan f hitung> F tabel (3,09), dengan hipotesis signifikan menguji nilai signifikan <0,05, (f hitung bunga pinjaman 298,054, 238,168 f hitung loyalitas pelanggan) dengan koefisien determinasi dan variabel kualitas layanan suku bunga pinjaman dengan bunga 85,7% dan sisanya 14,3% dipengaruhi oleh faktor lain, sedangkan determinasi pada loyalitas pelanggan 82,7% dan 17,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: Kualitas Layanan, Tingkat Bunga


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.