THE EFFECT OF INCOME EXPETATION, FAMILY ENVIRONMENT, COMMUNITY ENVIRONMENT ON ENTREPRENEURSHIP EDUCATION WITH ENTREPRENEURS AS A MEDIATION VARIABLE

Wiwid Devi, Azis Fathoni, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Negara indonesia pada hakekatnya memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak serta memiliki kekayaan alam yang melimpah, maka dari itu Indonesia pantas disebut sebagai negara yang kaya akan sumber dayanya, baik pada sumber daya alam maupun sumberdaya manusia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini totalnya sebanyak 102 Remaja. Tujuan dari penelitian ini adalahn untuk menganalisis pengaruh ekspetasi pendapatan, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat terhadap pendidikan kewirausahaan dengan minat berwirausaha sebagai variabel intervenin di kelurahan Rowosari Semarang, berdasarkan metode sensus, yaitu menggunakan beberapa responden/sampel. Pengujuan hipotesis dalam penelitian ini mennggunakan metode linier berganda. Dan metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis regresi linier berganda (output SPSS versi 21) menunjukan variabel pengaruh ekspetasi pendaptan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendidikan kewirausahaan dengan t hitung 1,139 > t tabel 1,984 dengan nilai koefisien regresi 0,258. Variabel lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadapa pendidikan kewirausahaan t hitung 1,450< t tabel 1,984 dengan nilai koefisien regresi 0,150. Variabel lingkuyngan masyarakat berpengaruh positif signifikan terhdap pendidikan kewirausahaan dengan t hitung 2,395> t tabel 1,984 dengan nilai koefisien regresi 0,019. Adanya pengaruh bersama-sama atara ekspetrasi pendapatan , lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat minat berwirausaha dengan nilai f hitung 3,576 > f tabel 0,270 dengan nilai signifikan 0,100. Adanya pengaruh positif dan signifikan dari ekspetasi pendapatan terhadap pendidikan kewirausahaan t hitung 1,139 > t tabel 1,984 dengan tingkat nilai regresi 0,258. Dari analis path terdapat mediasiminat berwirausaha memediasi hubungan antara ekspetasi pendapatan terhadap pendidikan kewirausahaann, hal tersebut di buktikan dengan nilai koefisien jalur pengaruh langsung ekspetasi pendapatan terhadappendidikan kewirausahaan sebesar 0,100 sementara pengaruh tidak langsungnya 0,082 . ada pengaruh mediasi minat berwirausaha memediasi lingkungan keluarga dengan nilai koefisien 0,362 sedangkan pengaruh tidak langsung total nilai 0,109. Ada pengaru mediasi minat berwirausaha memidiasi lingkungan masyarakat dengan nilai koefisien 0,121 sedangkan pengaruh tidak langsunya 0,042.
Kata Kunci : Ekspetasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat Pendidikan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.