SWOT ANALYSIS IN DETERMINING ALFAMART MARKETING STRATEGY (Alfamart Overlapping Case Study in Semarang)

Ahmad Wahyudin, Azis Fathoni, Adji Seputro

Abstract


Permasalahan dalam Penelitian di dasari total jumlah penjualan yang naik turun, hal yang menyebabkan adalah kurangnya fasilitas yang cukup baik dan jumlah Sumber Daya Manusia yang memadai.Dalam penelitian mempunyai tujuan menganalisis semua kekuatan, semua kelemahan, serta semua peluang serta semua ancaman dalam penentuan strategi pemasaran di Alfamart Tumpang Semarang.Metode yang digunakan dalam menganalisis yang dalam penelitaian menggunakan metode analisa deskretif kualitatif serta dibantu dengan alat analisa SWOT yang bertujuan mengetahui posisi Alfamart yang terletak Tumpang Semarang serta cara menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi Alfamart Tumpang dalam peningkatan penjualan. Hasil dalam penelitian dengan menggunakan analisa SWOT bahwa kedudukan perusahaan di kuadran 1 (satu). Strategi yang bias diterapkan yaitu berupa Strategi Strenghts dan Strategi Opportunities (SO), dengan cara meningkatkan kualitas serta mutu produk , pengembangan pangsa pasar menengah kebawah melalui Promosi. Promosi dapat berjalan dengan baik dengan harga produk/barang yang dapat dijangkau,memperbaiki sarana serta fasilitas yang sudah ada dan menambahkan yang belum ada, menambah daerah untuk melakukan promosi melalui cara pembukaan outlet-outlet baru yang bertujuan untuk menambah/memperluas penjualan, serta menambah karyawan yang sudah berpengalaman dalam pemasaran dan pelayanan retail.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.