MARKETING STRATEGY ANALYSIS IN INCREASING SALES VOLUME IN PURE BUILDING STORES, NEW TUNTANG

Setya Dhian, Djamaludin Malik, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan strategi pemasaran pada Toko Bangunan Baru Murni Tuntang dan mendeskripsikan analisis SWOT dalam upaya meningkatkan volume penjualan di Toko Bangunan Baru Murni Tuntang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Obyek penelitian adalah Toko Bangunan Baru Murni Tuntang. Instrumen data yang digunakan oleh peneliti terdiri dari lembar observasi, pedoman wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan strategi pemasaran Bangunan Baru Murni dalam menghadapi persaingan (2) matriks IFAS menunjukkan bahwa kekuatan yang dimiliki toko sebesar 3,622 dari faktor kelemahannya yaitu sebesar 1,027, (3) matriks EFAS menunjukkan bahwa peluang yang dimiliki toko sebesar 3,148 dan faktor ancamannya sebesar 1,630.(4) Strategi yang paling tepat digunakan bersadarkan analisis SWOT adalah Strategi SO yaitu (a) mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar masyarakat terus percaya, (b) memperdalam jalinan dengan mitra dan
(c) Toko Bangunan Baru Murni membuat promosi yang menarik.

Kata kunci:Analisis SWOT, EFAS, IFAS.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.