THE EFFECT OF LEADERSHIP STYLE, COMPENSATION AND ORGANIZATIONAL CLIMATE ON JOB SATISFACTION WITH WORK SPIRIT AS AN INTERVENING VARIABLE (Study Empiris Pada Karyawan CV. Oti Fried Chicken Area Semarang)

Syahril Sidik, Maria M Minarsih, Adji Seputro

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini ditekankan pada pengujian pengaruh antara kepemimpinan, kompensasi dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja dengan semangat kerja sebagai variabel intervening. Objek penelitian yang digunakan adalah karyawan CV. Oti Fried Chicken area Semarang. Penelitian ini menggunakan metode slovin untuk menentukan jumlah populasi yang akan dijadikan sampel, maka terpilihlah sebanyak 60 pegawai untuk digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS dimana data diuji dengan menggunakan uji koefisien determinasi (R²), uji t dan uji F pada level signifikan 5% (0,05), serta pengujian path analyze. Selain itu data dianalisis dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil pengujian menunjukan bahwa variabel kepemimpinan, kompensasi, dan iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja secara parsial maupun simultan.
Variabel kepemimpinan, kompensasi, iklim organisasi dan semangat kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja secara parsial maupun simultan. Variabel semangat kerja sebagai variabel intervening belum mampu memediasi hubungan antara kepemimpinan,kompensasi, dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kompensasi, Iklim Organisasi, Semangat Kerja, Kepuasan
Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.