THE EFFECT OF DIVIDEND POLICY AND CAPITAL STRUCTURE TOWARD STOCK PRICE WITH PROFITABILITY AS AN INTERVENING VARIABLE (Case Study of Food and Beverage Sub-Sector Companies Listed at IDX 2014-2018)

Yuliyana Tri Setya, Dheasey Amboningtyas, Patricia Dhiana Paramita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kebijakan deviden dan struktur modal secara parsial dan simultan terhadap profitabilitas dan harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang tercatat di IDX pada tahun 2014 - 2018 yang berjumlah 18 perusahaan. Teknik sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah 15 perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis regesi linier berganda dan jalur path. Hasil olah data menunjukkan kebijakan deviden tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, struktur modal berpengaruh negatif dan tidak
signifikan terhadap profitabilitas, kebijakan deviden dan stuktur modal secara simultan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Kebijakan deviden, struktur modal dan profitabilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Kebijakan deviden, struktur modal dan profitabilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Profitabilitas tidak memediasi pengaruh kebijakan deviden terhadap harga saham dan profitabilitas tidak memediasi pengaruh struktur modal terhadap harga saham.


Kata Kunci : Kebijakan Dividen, Struktur Modal, Profitabilitas dan Harga Saham


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.