THE EFFECT OF CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NET OPERATING MARGIN (NOM), NON PERFORMING FINANCE (NPF) ON RETURN ON ASSETS (ROA WITH FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) AS INTERVENING VARIABLE (Case Study on Sharia Commercial Banks Period 2014-2018)

Lavinia Larno Karno, Azis Fathoni, Dheasey Amboningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CAR (Capital Adequacy Ratio), NOM (Net Operating Margin), NPF (Non Performing Financing) terhadap ROA (Return On Asset) dengan FDR (Financing to Deposit Ratio) sebagai variabel Intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah 14 Bank Islam di Indonesia selama periode 2014 hingga 2018. Pemilihan sampel dilakukan
dengan metode purposive sampling, menghasilkan 10 Bank Islam untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Statistik Deskriptif, 2) Uji Asumsi Klasik yang terdiri dari Uji Normalitas, Heteroskedastisitas, Multikolinearitas, Uji autokorelasi, 3) Regresi Linier Berganda, 4) Uji hipotesis terdiri dari Uji Koefisien dan Uji Parsial (t), dan 5) Uji Sobel.
Kata kunci: CAR, NOM, NPF, FDR, ROA, Perbankan Syariah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.