THE INFLUENCE OF SALES GROWTH, COMPANY SIZES AND LEVERAGE OF COMPANY VALUE WITH PROFITABILITY AS INTERVENING VARIABLES (Empirical Study of Pulp and Paper Companies Registered in Indonesia Stock Exchange (IDX) 2014-2018)

Nisfatul Laella Maja, Edward Gagah, Dheasey Amboningtyas

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris dan menganalisa pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap nilai perusahaan dengan Profitabilotas sebagai variabel intervening (Studi
Empiris Perusahaan Pulp & Paper Yang Terdaftar Di Indonesia Stock Ekchange (IDX) Tahun 2014-2018) secara persial. Metode pengambilam sampel yang digunakan adalah metode purpose sampling dan diperoleh 8 sampel perusahaan yang dijadikan objek penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Uji asumsi klasik, uji path, uji sobel, dan uji hipotesis dilakukan dengan program SPSS 23. Dimana uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas model satu dan dua dengan hasil 0,200, uji multikolonieritas model 1 dengan hasil tolerance pertumbuhan penjualan 0,951, ukuran perusahaan 0,982, leverage 0,966 (lebih dari 0,10) dan VIF ertumbuhan penjualan 1,052, ukuran perusahaan 1,018 serta ukuran perusahaan 1,035 (kurang dari 10). model 2 dengan hasil tolerance pertumbuhan penjualan 0,802, ukuran perusahaan 0,921, leverage 0,310 dan profitabilitas 0,307 (lebih dari 0,10) dan VIF pertumbuhan penjualan 1,247, ukuran perusahaan 1,086, leverage 3,223 serta profitabilitas 3,258 (kurang
dari 10). dan uji heteroskedastisitas model satu dan dua menunjukkan bebas dari gejala heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis terdiri dari uji koefisien determinasi model satu sebesar 69,3% sedangkan model dua 36%, uji sobel dan uji t selain itu dilakukan uji statistic diskriptif. Hasil pengujian enunjukakan bahwa pertumbuhan penjualan, leverage berpengaruh terhadap profitabilitas, ukuran perusahaan tidak berpengaruh. Pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan, leverage, proftabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Melalui uji sobelt profitabilitas tidak mampu memediasi pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, leverage terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : GROWT, SIZE, DER, ROE, PBV


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.