INFLUENCE OF SCHOOL HEAD SUPERVISION, WORK MOTIVATION AND COMPETENCE TOWARD TEACHER PERFORMANCE (Case Study of Early Childhood Education Institution in Ungaran Barat District)

Palupi Novitasari, Leonardo Budi Hasiholan, Azis Fathoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh supervisi
kepala sekolah, motivasi kerja guru dan kompetensi guru terhadap kinerja guru baik secara
simultan dan parsial.Penelitian ini mengambil populasi dari jumlah guru atau tenaga
pendidik lembaga PAUD kecamatan ungaran barat yang berjumlah 243 orang. Dengan
jumlah sampel sebanyak 71 orang. Variabel terdiri dari variabel bebas yaitu : supervisi kepala
seklah (X1), motivasi kerja guru (X2) dan kompetensi guru (X3) serta variabel terikat yaitu :
kinerja guru (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi.
Metodeanalisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.

Katakunci : Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Kompetensi Guru, Kinerja
Guru.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.