ANALYSIS OF CHANNEL AND MARGIN PATTERNS AND THE MARKETING EFFICIENCY OF BROILER CHICKEN ON THE PARTNERSHIP SYSTEM IN KENDAL REGENCY (Case Study on PT. Surya Mitra Utama Partnership)

Purnomo Purnomo, Azis Fathoni, Leonardo Budi H

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa pola saluran pemasaran dan marjinserta efisiensi pemasaran ayam broiler pada sistem kemitraan PT.Surya Mitra Utama di tigaKecamatan di Kabupaten Kendal. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis kualitatif
dan analisis kuantitatif, kemudian dilakukan pengolahan analisa data. Analisis kualitatif ditujukan
untuk melihat keadaan lokasi, keadaan pedagang, menganalisa saluran pemasaran. Sedangkan
analisis kuantitatif untuk menganalisa keuntungan pedagang dan menganalisa marjin pemasaran.Sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, data yang dikumpulkan meliputi data primer
dan data sekunder. Indikator efisiensi pemasaran terdapat pada margin pemasaran dan farmer’sshare. Analisis data dibahas secara deskriptif dan pengujian marjin pemasaran di setiap pola saluranpemasaran. Hasil penelitian terdapat dua bentuk pola saluran pemasaran yaitu : Pola saluranpemasaran I, Inti plasma peternak - Pedagang perantara - pedagang besar - pedagang pengecer -konsumen; Pola saluran pemasaran II, Inti plasma peternak - Pedagang perantara - pedagang besar -konsumen. Rata-rata marjin pemasaran pada pola saluran I yaitu Rp.8.000/kg, pola saluran
pemasaran II sebesar Rp.3.500/kg. Sedangkan farme’s share masing-masing yang diperoleh dari
setiap pola saluran pemasarannya; saluran pemasaran I sebesar 68% sedangkan saluran pemasaran
II sebesar 82,92%. Saluran pemasaran yang paling efisien terdapat pada saluran pemasaran II.
Kata Kunci : Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.