THE INFLUENCE OF ADVERTISING ATTRACTIVENESS, BRAND IMAGE, AND PRICE ON THE PURCHASE DECISION OF KONICA MINOLTA PHOTOCOPY MACHINE (CASE STUDY ON CV PERDANA JAYA PUTRA SEMARANG)

Andi Ristiya Eriyanto, Cicik Harini, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Persaingan yang begitu ketat terlihat dari adanya beberapa produsen merek mesin fotocopy yang berlomba lomba untuk menjadi yang terbaik di pasaran. Adapun merek-merek yang ada di pasaran yaitu Canon, Epson, Xerox, Brother, dan Konica Minolta. Mesin fotocopy ditemukan pada tahun 1939 oleh Chester Carison dimana mesin tersebut memanfaatkan energi listrik statis untuk dapat melakukan penggandaan pada naskah atau sering disebut dengan xerografi menggunakan tinta. CV. Perdana Jaya Putra merupakan Authorized Dealer atau dealer resmi Mesin Fotocopy dengan merek ternama KONICA MINOLTA di Jawa Tengah sejak tahun 1985 sampai sekarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara simultan dan parsial antara Daya Tarik Iklan, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian mesin fotocopy Konica Minolta studi kasus di CV Perdana Jaya Putra semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan 87 responden sebagai sampel pengguna yang pernah membeli mesin fotocopy Konica Minolta di Cv Perdana Jaya Putra Semarang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Pengolahan data dengan menggunakan analisis koefisien determinasi dan analisis jalur. Output SPSS Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) daya tarik iklan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) citra merek berpengaruh positih dan signifikan terhadap keputusan pembeliaan. (3) harga berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) daya tarik iklan, citra merek dan harga secara bersama sama simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Daya Tarik Iklan, Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.