THE EFFECT OF INSTAGRAM AND CELEBRITY ENDORSER ADVERTISING ON PURCHASE DECISIONS WITH BUYING INTEREST AS VARIABLE INTERVENING “(Study at Radio Store Semarang)”

Dwi Bima Septiawan, Cicik Harini, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Iklan Instagram dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 orang warga Kota Semarang yang sudah ditentukan kriterianya. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan Sample Fraction, dengan menjadikan 100 orang warga Kota Semarang dengan rentang usia 20-34 tahun sebagai sample pada penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Uji Validitas, 2) Statistik Reliabilitas, 3) Uji Asumsi Klasik yang terdiri dari Uji Normalitas, Uji multikolinearitas, Uji Heterokestistas, Uji Autokorelasi, 4) Regresi Linear Berganda, 5) Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji Koefisien dan Ujipengaruh parsial (t) dan Uji Sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Iklan Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Celebrity Endorser tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Minat Beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Minat Beli tidak memediasi pengaruh Iklan Instagram terhadap Keputusan Pembelian, Minat Beli memediasi pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian.
Kata kunci: Iklan Instagram, Celebrity Endorser, Minat Beli, Keputusan Pembelian Radio Store.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.