PENGARUH KEMAMPUAN USAHA, MODAL USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN PERKEMBANGAN USAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kawasan Desa Kedewan Kabupaten Bojonegoro)

Dewi Purwati, Edward Gagah Purwa, Patricia Dhiana Paramita

Abstract


Penelitian dicoba agar dapat diketahui ada atau tidak pengaruh kemampuan suatu usaha, modal suatu usaha, serta strategi pada suatu pemasaran pada keberhasilan tentang perkembangan dengan variabel interveningnya berupa keberhasilan usaha untuk Usaha Mikro Kecil serta Menengah di Desa Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Populasi pada riset ini ialah UMKM di Desa Kedewan sebanyak 180. Metode pada saat mengambil sampel dilakukan melalui sensus. Instrumen pada penelitian dikenai uji validitas serta reliabilitas kemudian dilakukan analisa regresi linear berganda bersamaan dilakukannya uji path dengan memanfaatkan SPSS 25,0. Hasil analisis memperjelas kalau; (1) Kemampuan usaha dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh perkembangan suatu usaha ; (2) modal suatu usaha memberi pengaruh positif maupun signifikan pada perkembangan usaha ; (3) strategi pada suatu pemasaran memberi pengaruh positif maupun signifikan pada perkembangan usaha; (4) kemampuan suatu usaha, modal suatu usaha serta strategi pada suatu pemasaran dengan cara bersamaan memberi pengaruh yang positif maupun signifikan pada tingkatan pendapatan; (5) kemampuan suatu usaha memberi pengaruh yang positif maupun signifikan pada keberhasilan usaha ; (6) modal suatu usaha tak memberi pengaruh yang positif maupun signifikan pada keberhasilan usaha; (7) strategi pada suatu pemasaran memberi pengaruh yang positif maupun signifikan pada keberhasilan usaha ; (8) Kemampuan suatu usaha, modal suatu usaha serta strategi pada suatu usaha secara bersamaan memberi pengaruh yang positif maupun signifikan pada keberhasilan usaha ; (9) perkembangan usaha memberi pengaruh yang positif maupun signifikan pada keberhasilan usaha ; serta (10) perkembangan usaha tak bisa melakukan mediasi untuk kemampuan suatu usaha, modal suatu usaha serta strategi pada suatu pemasaran terhadap keberhasilan suatu usaha. Kata Kunci : Kemampuan Usaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran, Keberhasilan Usaha, Keberhasilan Usaha

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.