ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TUPPERWARE PADA PT. INDRAKINARYA MUGISANTOSA SEMARANG

Mullina Wahyu K, M. Magdalena Minarsi, Mukeri

Abstract


Dewasa ini, plastik sudah menjadi bagian keseharian manusia dan sering menggantikan bahan – bahan tradisional seperti kayu, logam, gelas, kulit, kertas dan karet. Desain kemasan yang menarik serta fungsinya yang serba guna menjadi salah satu alasan mengapa plastik digemari oleh masyarakat. Tupperware adalah perusahaan multinasional yang memproduksi dan memasarkan produk plastik berkualitas untuk rumah tangga.

PT. Indrakinarya Mugisantosa Semarang satu – satunya distributor Tupperware yang berada di Semarang. Penelitiam ini mengambil sampel populasi ditentukan secara accidental sampling sebanyak 154 responden. Pengambilan data primer menggunakan instrument kuesioner. Uji kualitas data yang dipergunakan uji validitas dengan persamaan product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan cronbach alpha. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif dan metode analisis kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda. Untuk memudahkan perhitungan, digunakan alat bantu berupa program SPSS versi 15.

Berdasarkan hasil pengujian secara parsial atau uji t, diketahui bahwa harga mempunyai tingkat signifikansi sebesar 0,001, yang < 0,05, variabel lokasi mempunyai tingkat signifikansi sebesar 0,000, yang berarti < 0,05, variabel promosi mempunyai tingkat signifikansi sebesar 0,001, yang berarti < 0,05, dan variabel pelayanan mempunyai tingkat signifikansi sebesar 0,002, yang berarti < 0,05. Sedangka hasil pengujian secara simultan atau uji F, diketahui bahwa F hitung sebesar 35,727 mempunyai tingkat signifikansi sebesar 0,000, yang berarti < 0,05.

            Hal ini menunjukkan variabel harga (X1), lokasi (X2), promosi (X3) dan pelayanan (X4) secara simultan mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap keputusan pembelian tupperware. Berdasarkan analisis terhadap koefisien regresi diperoleh hasil bahwa variabel lokasi merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu sebaiknya PT. Indrakinarya Mugisantosa mencari lokasi yang strategis sehingga mampu meningkatkan minat beli tupperware.

 

Kata Kunci : Keputusan pembelian, harga, lokasi, promosi dan pelayanan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.