EFFECT OF PRICE, FACILITIES AND QUALITY OF SERVICE LOYALTY AND SATISFACTION OF VISITORS VISITORS AS INTERVENING VARIABLE GARDENIA IN SPORT CENTER IN SEMARANG

Ahsanul Khuluq, Leonardo Budi Hasiholan, Moh Mukeri Warso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh harga, fasilitas, kualitas layanan terhadap loyalitas pengunjung dan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling method. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 88 orang pengunjung dari sebagian member warga perumahan Gardenia di Semarang dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil pengujian hipotesis pertama terlihat bahwa harga tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan (H1 ditolak), fasilitas tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengunjung (H2 ditolak), kualitas layanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan (H3 diterima). Hasil pengujian kedua terlihat bahwa kepuasan pengunjung mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pengunjung (H4 diterima). Hasi pengujian ketiga terlihat bahwa harga mempunyai pengaruh siqnifikan terhadap loyalitas pengunjung (H5 diterima). Angka Adjusted R Square pertama sebesar 0,514 yang menunjukkan bahwa 51,4 persen  antara harga (X1), fasilitas (X2), kualitas layanan (X3) secara bersama-sama dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 48,6 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Angka Adjusted R Square kedua sebesar 0,370 yang menunjukkan bahwa 37 persen antara kepuasan pengunjung (Y1) dapat dijelaskan oleh loyalitas pengunjung (Y2) dalam persamaan regresi. Sedang sisanya sebesar 63 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Angka Adjusted R Square ketiga sebesar 0,078 yang menunjukkan bahwa 7,8 persen antara Harga (X1) dapat dijelaskan oleh loyalitas pengunjung (Y2) dalam persamaan regresi, sisanya sebesar 92,2 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

 

Kata kunci:harga,fasilitas,kualitas layanan,loyalitas pengunjung dan

                                 kepuasan pengunjung


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.