EFFECT OF WORK CHARACTERISTICS AND JOB SATISFACTION COMMITMENT TO ORGANIZATION OF WORK MEDIATED BY THE LIFE QUALITY (CASE STUDY ON EMPLOYEES PT. SE SEMARANG )

Aji Prasetyo, Patricia Dhiana Paramita, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


PT. SE Semarangadalah perusahaan yang bergerak di bidang distribusiyaitusebagai distributor cosmestic and toiletries. PT. SE Semarang mengalami permasalahan, dimana quality of work life pada karyawannya rendah, sehingga berdampak pada rendahnya komitmen organisasi yang dimiliki karyawan terhadap perusahaan. Diduga hal tersebut disebabkan oleh rendahnya karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja karyawannya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelola PT. SE Semarang  berupaya meningkatkan quality of work life di lingkungan kerjanya, sehingga berdampak positif bagi peningkatan komitmen kerja karyawannya.

            Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. SE Semarang yang berjumlah 74 orang, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus, dimana seluruh populasi yang ada diambil sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda 2 tahap dan uji hipotesis, baik secara parsial maupun simultan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai t hitung variabel karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja masing-masing sebesar 3.826 dan 7.024> t tabel 1.66629,maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap quality of work life dapat diterima. Nilai F hitung 46.282> F tabel 3.13, maka hipotesis yang menyatakan bahwa karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap quality of work life dapat diterima. Nilai t hitung dari unstandardized predicted value quality of work life 8.094> t tabel 1.66629, maka hipotesis yang menyatakan bahwa quality of work life berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dapat diterima.

 

Katakunci   :    karakteristik   pekerjaan,   kepuasan  kerja,  quality  of  work  life  dan

                          komitmen organisasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.