PENGARUH KEPEMIMPINAN, PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA dan KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR DINAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA SEMARANG”

Endang Sukarjati, Maria Magdalena Minarsih, Moh Mukeri Warso

Abstract


Dalam mengukur kinerja berdasarkan kepemimpinan,pengembangan dan kepuasan kerja di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang mengalami beberapa kendala. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengambil judul : Pengaruh Kepemimpinan, Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Kepuasan kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang”

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, pengembangan sumber daya manusia dan kepuasan kerja terhadap kinerja di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang baik secara parsial maupun simultan. Secara parsial Variabel Kepemimpinan (X1)  berpengaruh positip dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar sebesar 0,233. Sedangkan untuk nilai thitung (3,953) > ttabel (1,697) dan sign.(0,001) < sign α (0,05). Semakin meningkat kepemimpinan maka kinerja Pegawai  di Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang semakin meningkat pula. Variabel Pengembangan Sumber Daya Manusia (X2) secara parsial berpengaruh positip dan signifikan terhadap kinerja pegawai (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,295. Sedangkan untuk nilai thitung (2,647) > ttabel (1,697) dan sign.(0,014) < sign α (0,05. Semakin meningkat Pengembangan Sumber Daya Manusia maka kinerja Pegawai  di Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang semakin meningkat pula. Variabel Kepuasan kerja, (X3) secara parsial berpengaruh positip dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar sebesar 0,528. Sedangkan untuk nilai thitung (4,802) > ttabel (1,697) dan sign.(0,000) < sign α (0,05). Semakin meningkatnya spesialisasi jenis pekerjaan maka kinerja pegawai di Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang semakin meningkat pula. Dalam uji kelayakan model bahwa penelitian ini dapat dilanjutkan dalam menganalisis pengaruh Kepemimpinan (X1), Pengembangan Sumber Daya Manusia (X2) dan Kepuasan pegawai (X3), terhadap kinerja (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai  Fhitung (284.486) > Ftabel (2,98 dan sign.(0,000) < sign α (0,05). Semakin meningkat Kepemimpinan (X1), Pengembangan Sumber Daya Manusia (X2) dan kepuasan kerja pegawai maka kinerja pegawai  di Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang semakin meningkat pula.

Beberapa saran yang dapat dijadikan masukan di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang adalah  meningkatkan sistim kepemimpinan seperti  pemberian wewenang, peranan pekerjaan, pendelegasian wewenang pegawai, pemberian motivasi kerja atau pengarahan terhadap pegawai.

Kata kunci : kepemimpinan, pengembangan sumberdaya manusia, kepuasan kerja, kinerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.