PENGARUH KEPUASAN KERJA, KETIDAKAMANAN KERJA & KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP INTENSI PINDAH KERJA (TURNOVER INTENTION) (Studi kasus pada DISTRIBUTION CENTER PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA Cabang Rembang, Jawa Tengah)

Hermawar Saputro, Aziz Fathoni, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Guna mengurangi tingkat turnover karyawan, maka pihak perusahaan berusaha untuk memperhatikan kepuasan kerja, job insecurity, dan komitmen organisasi karyawan dengan lebih baik, agar kinerja perusahaan tidak terganggu dengan adanya tingkat turnover karyawan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja, job insecurity dan komitmen organisasi terhadap turnover intention. Atas dasar alasan di atas, maka dalam penelitian ini mengambil  judul: “PENGARUH KEPUASAN KERJA, KETIDAKAMANAN KERJA & KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP INTENSI PINDAH KERJA (TURNOVER INTENTION) (Studi kasus pada DISTRIBUTION CENTER PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA  Cabang Rembang, Jawa Tengah)”.

Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua karyawan sopir DC Alfamart Rembang sebanyak 47 orang responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data penyebaran kuesioner. Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi berganda.

Hasil persamaan regresi dalam penelitian ini adalah pertama Y1 = 13.958 + 0.341 X1 – 0.233 X2 + e , yang kedua Y2 = 23.199 - 0.514 X1 + 0.399 X2 + e dan terakhir Y2 = 29.714 - 0.355 X1 + 0.290 X2 – 0.467 Y1 + e.

Kata kunci :   Kepuasan Kerja , Job Insecurity , Komitmen Organisasi dan Turnover Intention.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.