PENGARUH PROGRAM LIFE SKILLS,FASILITAS SEKOLAH DAN KEMAMPUAN GURU TERHADAP MOTIVASI SISWA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI (Study Empiris Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI 2KAYEN)

Siti Nurhidayah, Andi Tri Haryono, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak stabilnya prestasi siswa di SMA PGRI 2 KAYEN. Fenomena tersebut dikarenakan kurangnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh program life skills, fasilitas sekolah ,dan kemampuan guru terhadap motivasi siswa untuk meningkatkan prestasi. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA PGRI 2 KAYEN dengan jumlah 224 siswa. Metode teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu metode sensus dan data diproses menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil uji t menunjukkan bahwa : 1) program life skills berpengaruh signifikan terhadap motivasi siswa untuk meningkatkan prestasi. 2) fasilitas sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi siswa untuk meningkatkan prestasi. 3) kemampuan guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi siswa untuk meningkatkan prestasi. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa seluruh variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen motivasi siswa dan intervening prestasi. Angka Adjusted R Square motivasi siswa (Y1) sebesar 70,4 persen dan prestasi (Y2) sebesar 61,4 persen dan sisanya dijelaskan variabel diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Program Life Skills, Fasilitas Sekolah, Kemampuan Guru, Motivasi Siswa, Prestasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.