PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA DENGAN ETOS KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. MULIAPACK GRAVURINDO SEMARANG

Surono Surono, Patricia Dhiana Paramita, Moh Mukeri Warso

Abstract


PT.Muliapack Gravurindo adalah sebuah perusahaan converting dan rotogravure Printing untuk flexible packaging, produk-produk  perusahaan banyak dipakai oleh perusahaan baik non food, makanan dan minuman mulai dari snack, sambal dan jenis minuman gelas lainya. Bahan dari produk yang dibuat PT.Muliapack Gravurindo adalah PET, OPP, NYLON, PE dll. dimana penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja dengan etos kerja sebagai variabel intervening pada PT.Muliapack Gravurindo Semarang.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 54 orang responden pada bagian produksi dengan menggunakan teknik total sampling. Analis konstan yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji t dan uji F.

Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan dari variabel gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan disiplin kerja terhadap etos kerja dengan nilai F hitung  (8,765) > dari F tabel (2,78) dan sig (0,000). Ada pengaruh positif antara etos kerja terhadap produktivitas kerjadengan nilai koefisien 0,876 dan nilai t hitung  (12,631) > dari pada t tabel (1,6746).

Sebaiknya PT.Muliapack Gravurindo Semarang menerapkan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan seperti gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi dan disiplin kerja dengan etos kerja sebagai variabel intervening.

 

Kata kunci : gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja dengan etos kerja sebagai variabel intervening


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.