STUDI KOMPARATIF BIAYA PERAWATAN, BIAYA PERBAIKAN DAN BIAYA BAN DALAM PENERAPAN ACTIVE MAINTENANCE TERHADAP PROFITABILITAS PT. SERASI LOGISTICS INDONESIA SURABAYA

Wastana Wastana, Aziz Fathoni, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Perawatan merupakan aspek yang sangat penting dalam perusahaan dan juga pengoperasian suatu sistem. Penerapan active maintenance pada PT. Serasi Logistics Indonesia menjadi salah satu kebijakan maintenance kendaraan dengan tujuan mengembalikan kondisi performance kendaraan seiring dengan waktu kondisi kendaraan yang mengalami penurunan kemampuan kinerjanya, memperpanjang umur pakai kendaraan, mencapai tingkat biaya maintenance secara efektif dan efisien dan menjamin keselamatan orang yang menggunakan sarana/kendaraan.

Penerapan active maintenance PT. Serasi Logistics Indonesia sangat efektif dan terbukti mampu menurunkan biaya maintenance. Total biaya maintenance setelah penerapan active maintenancemengalami penurunan sebesar 39,3 % jika dikomparasi dengan tahun sebelum penerapan active maintenance. Penurunan biaya maintenance kendaraan ini pada setiapnya bulan menjadi kontribusi peningkatan keuntungan perusahaan sebesar 9,3 %.

 

Kata kunci : Perawatan Aktive, Operasional lebih, kenaikan keuntungan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.