FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PENGURUSAN KARTU IDENTITAS PENDUDUK (KTP-EL) DAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG

Untung Sartini, Maria Magdalena Minarsih, Heru Sri Wulan

Abstract


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang dalam upaya peningkatan pelayanan kepada public terkait dengan pengurusan Identitas Kependudukan dan Data Kependudukan, maka instansi ini harus mampu memberikan pelayanan yang baik, sehingga dapat memberikan kepuasan masyarakat. Oleh karena itu pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang harus dapat mengelola pegawainya sedemikian rupa da nmengupayakan adanya peningkatan fasilitas, pelayanan umum dan professional pegawai sehingga kepuasan masyarakat akan meningkat dalam pengurusan Identitas Kependudukan dan Data Kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Penduduk Wajib KTP Kota Semarang yaitu sebesar1,765.396 jiwa dan sampel yang diambil sebesar 100 responden. Analisis statistic yang dilakukanmeliputiregresi linier bergandadanpengujianhipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan ;Terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas terhadap kepuasan masyarakat, dengan demikian diterima. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan umum terhadap kepuasan masyarakat, dengan demikian diterima. Terdapat pengaruh positif dan signifikan professional pegawai terhadap kepuasan masyarakat, dengan demikian diterima..
Kata Kunci :KepuasanMasyarakat, Fasilitas, Pelayanan Umum, Professional Pegawai

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.