PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIONAL, HUMAN RELATIONS DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( STUDI KASUS PADA CV KARYA MANUNGGAL )

Ana Prihatini, Moh Mukeri Warso, Andi Tri Haryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara gaya kepemimpinan transformatinal, human relations dan pemberdayaan karyawan terhadap organizational citizenship behavior dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening pada CV. Karya manunggal. Responden penelitian ini berjumlah 90 karyawan produksi pada CV. Karya manunggal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis kuantitatif, dimana dalam analisis tersebut menggunakan program SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan transformational, human relations dan pemberdayaan karyawan terhadap komitmen organisasi adalah signifikan. Adjusted R square 0,910 menunjukkan bahwa 91 persen dari varian komitmen organisasi adalah dijelaskan oleh variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan 9 persen lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan Adjusted R square 0,747 menunjukkan bahwa 74,7 persen dari varian organizational citizenship behavior adalah dijelaskan oleh variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan 25,3 persen lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
Kata kunci : gaya kepemimpinan transformational , human relations, pemberdayaan karyawan, organizational citizenship behavior, komitmen organisasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.