ANALISIS PENGARUH VARIASI PRODUK, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN PADA INDONESIAN COFFEESHOP SEMARANG (ICOS CAFÉ)

Isti Faradisa, Leonardo Budi Hasiholan, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variasi produk, fasilitas, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli ulang konsumen di Indonesian Coffeeshop Semarang (I-cos Café) dan menganalisis variabel mana yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli ulang konsumen. Dalam penelitian ini, populasi penelitian mengacu pada seluruh konsumen I-cos Café dengan sampel yang diambil sebanyak 96 responden dengan teknik non probability sampling.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y =-0,687 +0,418 + 0,229 + 0,470 . Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas dan terdistribusi secara normal.
Urutan secara individu masing-masing variabel berpengaruh adalah variabel kualitas pelayanan dengan kofisien regresi sebesar 0,47, diikuti variasi produk dengan regresi sebesar 0,418 dan yang terakhir variabel fasilitas dengan koefisien regresi sebesar 0,229. Model persamaan ini memiliki nilai F hitung sebesar 46,639 dan dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000. Nilai signifikasi ini lebih kecil dari 0,05, hal tersebut menunjukkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel dependen yaitu minat beli ulang.
Kata kunci : Variasi Produk, Fasilitas, Kualitas Pelyanan, MInat Beli Ulang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.