ANALISIS PENGARUH LETAK, VARIASI PRODUK DAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus PD. Pasar Gayamsari Semarang)

Nurrohman Nurrohman, Maria Magdalena Minarsih, Moh Mukeri Warso

Abstract


Pasar tradisional biasanya menampung banyak penjual, dilaksanakan dengan manajemen tanpa perangkat teknologi modern dan mereka lebih mewakili golongan pedagang menengah kebawah. Agar pasar tradisional dapat tetap bertahan dan berkembang dalam dunia bisnis yang penuh persaingan dalam memperebutkan konsumen, maka harus mampu memahami konsumennya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi orang membeli pada pasar tradisional, bahkan mereka mempunyai loyalitas yang tinggi. Dalam penelitian ini, loyalitas diukur melalui lokasi, keragaman barang dan lingkungan fisik.
Obyek dalam penelitian ini adalah Pasar Gayamsari Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, keragaman barang dan lingkungan fisik serta untuk mengetahui dimensi yang paling dominan yang mempengaruhi loyalitas konsumen Pasar Gayamsari Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Jenis datanya adalah primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda.
Hasil uji instrument menunjukkan semua valid dan reliabel. Uji regresi linier berganda menunjukkan Y = 9,296 + 0,291 X1 + 0,029 X2 + 0, 094 X3. Pada tabel ANOVA mengindikasikan bahwa regresi berganda secara statistic sangat signifikan dengan uji statistic F = 10,349 dengan derajat kebebasan k = 1 dan n – k – 1 = 100 – 1 – 1 = 98. P-value = 0,002 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini berarti bahwa secara bersama-sama variabel faktor lokasi, produk dan lingkungan fisik berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas konsumen adalah variabel lokasi.
Studi ini dapat memberikan saran yaitu tidak semua variabel independent berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, oleh karena itu pihak manajemen Pasar Gayamsari Semarang sebaiknya memperhatikan faktor-faktor tersebut agar dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian selanjutnya sebaiknya dilakukan dengan memperluas responden tidak hanya pada konsumen Pasar Gayamsari saja.
Kata kunci: lokasi, keragaman barang, lingkungan fisik, loyalitas konsumen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.