PENGARUH KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN ( Studi Pada Karyawan Bagian Produksi PT. New March Semarang )

Umi Khasanah, Leonardo Budi Hasiholan, Moh Mukeri Warso

Abstract


Motivasi merupakan suatu kondisi yang mendorong orang lain untuk dapat melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan fungsinya dalam organisasi. Pada dasarnya, motivasi dapat memacu karyawan untuk bekerja keras, sehingga dapat mencapai tujuannya. Hal ini akan mengakibatkan produktivitas kerja karyawan, sehingga berpengaruh pada kinerja dan pencapaian tujuan perusahaan. Tujuan perusahaan tercapai apabila masing-masing individu karyawan yang berada di dalamnya menunjukkan hasil yang maksimal. Banyak faktor dapat mempengaruhi kinerja karyawan, diantaranya kepemimpinan, disiplin kerja dan komunikasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan, disiplin kerja dan komunikasi terhadap motivasi kerja karyawan.
Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Produksi dan Penjualan Spare Part Mobil pada PT. New March, Jl. Gatot Subroto A1/31-33, Ngaliyan, Semarang, Kawasan Industri Candi yang berjumlah 150 orang. Dengan metode Slovin, diperoleh sampel sebanyak 60 karyawan. Jenis datanya adalah primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda.
Hasil analisis dengan menggunakan regresi berganda menunjukkan bahwa: 1). Kepemimpinan berpengaruh terhadap motivasi kerja. 2). Disiplin kerja berpengaruh terhadap motivasi kerja. 3). Komunikasi berpengaruh terhadap motivasi kerja. 4). Kepemimpinan, disiplin kerja dan komunikasi berpengaruh terhadap motivasi kerja
Kata Kunci : Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Komunikasi, Motivasi Kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.