PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI DAN GAJI HONORER TERHADAP MOTIVASI KERJA SUB BAGIAN TATA USAHA (Studi Kasus Pada Sub Rayon 03 SMP 11, SMP 12, SMP 17, SMP 24, SMP 26 SMP 27 Kota Semarang)

Diyan Sulistiyani, Maria Magdalena Minarsih, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Gaya kepemimpinan yang ditampilkan seorang pemimpin transformasional diharapkan dapat meningkatkan upaya bawahan untuk mencapai hasil kerja yang optimal. Gaya kepemimpinan ini merupakan salah satu gaya kepemimpinan yang mulai diperhitungkan kegunannnya dalam mengahadapi perubahan satu organisasi. Karena gaya kepemimpinan transformasional menyangkut bagaimana mendorong orang lain untuk berkembang dan menghasilkan performa melebihi standar yang diharapkan .
Penelitian ini menguji pengaruh kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Gaji Honorer Terhadap Motivasi Kerja Sub Bagian Tata Usaha , Responden dalam penelitian ini adalah semua karyawan 48 responden yaitu tenaga honorer pada Sub Rayon 3 sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus , sedangkan untuk mengetahui hubungan antar variabel penulis menggunakan metode perhitungan analisis validitas dan reliabilitas, dan analisis regresi linear berganda dengan alat analisis SPSS Versi 19.0.
Berdasarkan hasil analisa regresi linear berganda (output SPSS Versi 19) menunjukkan bahwa variabel Kepemimpinan Transforamsional mempunyai t hitung sebesr 2.714 dengan nilai siginfikansi untuk koefisien regresi X1 sebesar 0.003 atau lebih kecil dari alpha 0.05(5%). Maka hipotesis nol (H0) dalam penelitian ini ditolak dan menerima hipotesis alternative (Ha).Jadi dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Kerja, variabel Iklim Organisasi mempunyai t hitung sebesr 2.285 dengan nilai siginfikansi untuk koefisien regresi X2 sebesar 0.000 atau lebih kecil dari alpha 0.05(5%). Maka hipotesis nol (H0) dalam penelitian ini ditolak dan menerima hipotesis alternatif (Ha).Jadi dapat disimpulkan bahwa Iklim Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Kerja,variabel Gaji mempunyai t hitung sebesr 7.555 dengan nilai signifikansi untuk koefisien regresi X3 sebesar 0.000 atau lebih kecil dari alpha 0.05(5%). Maka hipotesis nol (H0) dalam penelitian ini ditolak dan menerima hipotesis alternatif (Ha).Jadi dapat disimpulkan bahwa Iklim Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Kerja.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Transformasional , Iklim Organisasi, Gaji

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.