PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMUNIKASI TERHADAP KOMITMEN KARYAWAN YANG BERDAMPAK PADA PRODUKTIVITAS KERJA (studi kasus karyawan di CV. TIRTA MINERVA SEMARANG)

F Andi Budi, Patricia Dhiana Paramita, Heru Sri Wulan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir dan komunikasi terhadap komitmen karyawan yang berdampak pada produktivitas kerja di CV. TIRTA MINERVA SEMARANG. Di mana variabel independen yaitu pengembangan karir dan komunikasi mempengaruhi komitmen karyawan sebagai variabel intervening berdampak pada produktivitas kerja sebagai variabel dependen.
Populasi dalam penelitain ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di CV. TIRTA MINERVA SEMARANG. Sampel yang diambil sebanyak 68 responden dengan menggunakan teknik random (acak). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh karyawan. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis dengan Uji f dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R2).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y1 = 2,027 + 0.511 X1 + 0.362 X2 + e dan Y2 = 14,819 + 0.332 Y. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Secara individual, variabel yang memiliki pengaruh lebih besar adalah variabel pengembangan karir dengan koefisien regresi sebesar 0,511, kemudian diikuti dengan variabel komunikasi dengan koefisien regresi sebesar 0.362 pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti secara positif mempengaruhi variabel dependen komitmen karyawan. Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa variabel independen layak untuk menguji variabel dependen komitmen karyawan. Kemudian langkah selanjutnya adalah menghitung tingkat signifikan antara variabel komitmen karyawan (Y1) terhadap produktivitas kerja (Y2) dengan cara melihat Nilai t hitung dari unstandardized predicted value dalam penelitian ini terlihat bahwa t hitung sebesar 2.696 > t tabel 1.66827 dengan tingkat signifikansi 0.009 < α = 0.05 dan bertanda positif (one taile), maka Ho diterima dan menolak Ha. Angka Adjusted R Square regres tahap 1 sebesar 0,229 menunjukkan bahwa variabel komitmen karyawan dapat dijelaskan oleh variabel pengembangan karir dan komunikasi sebesar 22,9 %, sedangkan sisanya sebesar 77,1 % dijelaskan oleh variabel lain di luar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan Adjusted R Square regres tahap 2 sebesar 0,197 menunjukkan bahwa variabel produktivitas kerja dapat dijelaskan oleh variabel komitmen karyawan sebesar 19,7 %, sedangkan sisanya sebesar 80,3 % dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Pengembangan Karir, Komunikasi, Komitmen Karyawan, Produktivitas kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.