PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PEDAGANG KAKI LIMA (Studi Pada Sub Unit PKL Dinas Pasar Kota Semarang)

Widodo Widodo, Maria Magdalena Minarsih, Moh Mukeri Warso

Abstract


Sub Unit PKL DInas Pasar Kota Semarang dalam upaya peningkatan pelayanan kepada public, maka instansi ini harus mampu memberikan pelayanan yang baik, sehingga dapat memberikan Kepuasan masyarakat pedagang kaki lima. Oleh karena itu pihak harus dapat mengelola pegawainya sedemikian rupa dan mengupayakan adanya penambahan fasilitas dan peningkatan kualitas pelayanan sehingga Kepuasan masyarakat pedagang kaki lima akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama-sama terhadap Kepuasan masyarakat pedagang kaki lima Kota Semarang
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang menggunakan pelayanan selama bulan Januari-Desember 2015 pedagang kaki lima Kota Semarang yaitu sebesar 9918 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang digunakan convienen sampling. Analisis statistik yang dilakukan meliputi regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan ; Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap Kepuasan masyarakat pedagang kaki lima Semarang, hal ini dibuktikan dalam analisis statistik dimana nilai Nilai koefisien regresi kualitas pelayanan (b1) sebesar 0,322 dan t hitung (6,766) > t tabel (1,984) atau sig t 0,000 < 0,05, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas terhadap Kepuasan masyarakat pedagang kaki lima kota Semarang, hal ini dibuktikan dalam analisis statistik dimana nilai Nilai koefisien regresi fasilitas (b2) sebesar 0,284 dan t hitung (5,990) > t tabel (1,984) atau sig t (0,000) < 0,05, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama-sama terhadap Kepuasan masyarakat pedagang kaki lima kota Semarang, hal ini dibuktikan dalam analisis statistik dimana F hitung (124,486) > F tabel (3,090) atau sig F (0,000) < 0,05, Nilai koefisien determinasi adalah sebesar 0,714 yang berarti variasi perubahan Kepuasan masyarakat pedagang kaki lima kota Semarang dipengaruhi kualitas pelayanan dan fasilitas sebesar 71,4%, sedangkan sisanya 28,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan masyarakat pedagang kaki lima


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.